Home » buku » Anak Semua Bangsa

Anak Semua Bangsa

Penulis : Pramoedya Ananta Toer

Buku bagian kedua Tetralogi Pulau Buru.Minke yang begitu mengagung-agungkan peradaban Eropa harus membuka mata lebar-lebar. Minke yang merasa sudah cukup mengetahui semua ternyata harus menerima kalau dia masih harus belajar dari bangsanya sendiri. Minke yang bangga dengan tulisan-tulisan dalam bahasa Belandanya, merasa terusik ketika sahabat-sahabatnya memintanya untuk menulis dalam bahasa Melayu.

Seperti kata Nyai Ontosoroh, “ Belajar dari pikiran lain yang bukan Eropa!”
Pada periode ini, bisa dikatakan guru besar Minke adalah Nyai Ontosoroh, yang juga mertuanya. Cara Nyai Ontosoroh menyelesaikan segala permasalahan, menimbulkan kekaguman tersendiri buat Minke. Bagaimanapun hal tersebut mempengaruhi pribadi Minke.

Betapa Minke harus belajar banyak dari Khouw Ah Sue, seorang aktivis pergerakan Tionghoa dan Trunodongso, petani yang harus mempertaruhkan hidup dan keluarganya demi mempertahankan tanah miliknya sendiri yang dirampas penguasa.

Saat Minke berada bersama-sama dengan keluarga Trunodongso, tersadar dia akan adanya jarak berabad antara dia dan keluarga Truno. Jarak berabad! Bisa jarak sosial, boleh jadi jarak sejarah.

Minke mulai mengenal kata nasionalisme pada periode ini walaupun dia belum paham apa arti nasionalisme itu sendiri. Suatu kata yang diperkenalkan oleh seorang teman yang kenal pada saat dalam perjalanan di atas kapal. Dari seorang teman juga dia banyak belajar tentang Eropa, revolusi Filipina, kapitalis, tentang bangsanya sendiri.

 
 
“pindahan dari mp 31 Desember 2007”
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s