Home » buku » Jalan Raya Pos, Jalan Daendels

Jalan Raya Pos, Jalan Daendels

Penulis : Pramoedya Ananta Toer

Gagasan membuat Jalan Raya Pos muncul dalam benak Daendels sewaktu ia dalam perjalanan darat pada 29 April 1808 dari Buitenzorg alias Bogor ke Semarang dan Oosthoek alias Jawa Timur.Jalan Raya Pos atau Jalan Daendels membentang 1000 km dari Anyer sampai ke Panarukan yang telah banyak memakan korban. Banyak pekerja yang mati, karena malaria, kelaparan dan kelelahan.Daendels yang diagungkan di Hindia sebagai pengalas dasar perombakan-perombakan di Hindia, penggalang Jalan Raya Pos yang tidak akan lepas dari namanya, ternyata sejak paroh kedua abad lalu semakin lama dimunculkan sebagai tokoh kontroversial. Ia digambarkan sebagai seorang yang berhati baja sekaligus berkepala dingin, tak punya kekuatan untuk menghadapi argumentasi, baik atau buruk, benar atau salah, dan langsung mengancam dengan bentakan akan menembak mati lawan berargumentasi. Dan untuk berhasilnya proyek pembangunan jalannya Daendels tidak bergeming melihat ribuan jiwa Pribumi melayang. Yang menurut laporan orang Inggris 1815 : seluruh Jalan Raya Pos itu korban tewas diperkirakan 12.000 orang.

Dalam buku ini diceritakan wilayah-wilayah yang dilalui Jalan Raya Pos dan kenangan atau kesan Bapak Pram dengan wilayah tersebut. Wilayah yang dilalui Jalan Raya Pos adalah Anyer, Cilegon, Banten, Serang, Tangerang, Batavia, Meester Cornelis/Jatinegara, Depok, Buitenzorg/Bogor, Priangan, Cianjur, Cimahi, Bandung, Sumedang, Karangsembung, Cirebon, Losari, Brebes, Tegal, Pekalongan, Batang, Weleri, Kendal, Semarang, Demak, Kudus, Pati, Juwana, Rembang, Tuban, Gresik, Surabaya, Wonokromo, Sidoarjo, Porong, Bangil, Pasuruan, Probolinggo, Kraksaan, Besuki, Panarukan.

Membaca buku ini, saya mencoba membayangkan rute sepanjang Jalan Raya Pos tersebut baik yang pernah saya lewati ataupun yang belum pernah saya lewati. Dan genosida tak langsung dilakukan kekuasaan Belanda demi terwujudnya obsesi pembangunan Jalan Raya Pos.

 
 
“pindahan dari mp 12 Januari 2008”
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s