Home » buku » Seribu Kunang-kunang di Manhattan

Seribu Kunang-kunang di Manhattan

Penulis : Umar Kayam

Merupakan kumpulan cerpen Umar Kayam yang terdiri dari 10 cerita.

1. Seribu Kunang-kunang di Manhattan
2. Istriku, Madame Schlitz, dan Sang Raksasa
3. Sybil
4. Secangkir Kopi dan Sepotong Donat
5. Chief Sitting Bull
6. There Goes Tatum
7. Musim Gugur Kembali di Connecticut
8. Bawuk
9. Kimono Biru buat Istri
10. Sri Sumarah

Saya kurang bisa menikmati cerita yang menjadi judul kumpulan cerpen ini, Seribu Kunang-kunang di Manhattan yang menggambarkan dua orang yang sedang mabuk, Marno dan Jane. Mungkin hal ini karena kurangnya pemahaman saya terhadap sebuah karya sastra.

Untuk cerita-cerita Istriku, Madame Schlitz, dan Sang Raksasa; Sybil; Secangkir Kopi dan Sepotong Donat; Chief Sitting Bull; There Goes Tatum, menggambarkan sekelumit kehidupan di luar negeri. Beberapa cerita juga menggambarkan interaksi antara antar bangsa.

Musim Gugur di Connecticut, Tono yang menjadi tokoh utama begitu paham dengan jeriji-jeriji.

Saya menikmati semangat yang ada pada cerita Bawuk. Seorang pejuang yang telah memilih jalan hidupnya dan siap menangung segala konsekuensinya. Pilihan akan prioritas hidupnya.

Pada cerita Kimono Biru buat Istri, saya seperti disadarkan akan sesuatu hal dalam suatu hal. Nasi bungkus mengingatkan saya akan demonstrasi-demontrasi yang pernah saya lakukan terutama pada 20 Mei 1998. Saya berada di gedung MPR dan saya menerima nasi bungkus. Memang saya tidak lama mengikuti aksi-aksi demo, namun setiap ada demo selalu ada nasi bungkus.

Sri Sumarah artinya Sri yang “menyerah” atau “terserah pada nasibnya. Dengan sumarahnya itu Sri dapat menghadapi lika-liku hidup yang harus dilakoni.

 
 
“pindahan dari mp 4 Januari 2008”
Leave a Reply

