Home » buku » Tanah Air Bahasa

Tanah Air Bahasa

Penulis : Taufik Rahzan, et. al

Seratus Jejak Pers Indonesia

Dipersembahkan
Secara khusus untuk memperingati hari ulang tahun
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke 62
(9 Februari 1946 – 9 Februari 2008)

Buku ini yang menggambarkan secara umum sepak terjang perjuangan 100 tokoh jurnalistik nasional. Bagaimana merintis sebuah koran, tabloid, atau majalah dengan segala resiko yang harus ditanggung dan dengan daya upaya sepenuh jiwa dan raga.

Dalam buku ini juga diceritakan sekelumit perseteruan antar 100 tokoh tersebut yang masing-masing memperjuangkan idealismenya.

Ternyata banyak juga tokoh yang sebelumnya tidak saya kenal. Walau demikian semangat dan perjuangan para tokoh tersebut bisa menjadi stimulan buat saya lebih bersemangat untuk berusaha menggapai target-target saya. Bukan target-target yang luar biasa memang, hanya hal-hal kecil yang menurut saya cukup penting.

Buku ini diawali oleh sosok Tirto Adhi Soerjo yang sangat termasyhur dengan Medan Prijaji. Tirto Adhi Soerjo disebut-sebut sebagai, “seorang journalist Jawa paling tua” oleh Marco Kartodikromo, “pelopor kaum wartawan Indonesia” oleh Soebagijo IN, dan berbagai julukan lain yang disematkan kepada beliau. Beliau lah seorang sosok yang sangat menginspirasi jurnalis-jurnalis nusantara.

Saya terkesan dengan tokoh Bambang Ismawan dengan Trubusnya. Tapi sekaligus timbul pertanyaan di benak saya, “Apakah Indonesia masih merupakan Negara agraris…??”
Saya masih belum paham. Walaupun hamparan sawah yang luas masih sering saya temui di nusantara terutama di pulau Jawa, tetapi saya masih sering mendengar berita Indonesia import beras, gula, kedelai, dsb.

Tapi yang pasti saya sangat salut dengan peran-peran tokoh-tokoh tersebut, dengan pemikiran dan daya juang yang luar biasa memberikan kontribusinya kepada tanah air kita

Kontribusi apa yang telah saya berikan kepada tanah air?
Jawabnya, Belum ada.

 
“pindahan dari mp 13 Oktober 2008:
Leave a Reply

