Home » Jalan » Serunya Berburu Tiket Kereta Api untuk Lebaran

Serunya Berburu Tiket Kereta Api untuk Lebaran

Tiket kereta api sudah mulai bisa dipesan 90 hari sebelum hari keberangkatan. Sebagai penumpang, kita punya banyak waktu untuk melakukan pemesanan. Tapi tidak untuk saat-saat peak season. Kita harus berpikir dan bergerak cepat untuk mendapatkan tiket yang dimaksud. Seperti untuk Lebaran, pasti banyak yang berburu.

Beruntung sekarang tiket kereta api bisa dipesan dengan banyak cara yang lebih memudahkan calon penumpang. Jadi kita tidak harus bersusah-susah antri di stasiun besar. Buat kami, pilihan jatuh pada pemesanaan lewat internet atau telpon ke 021-121. Mana yang lebih memungkinkan dan lebih cepat.

Target kami adalah tiket Yogya-Jakarta tanggal 13 Agustus 2013. Jadi paling cepat kami bisa mulai memesan tiket pada tanggal 15 Mei 2013 lewat tengah malam.

Sebelum hari pemesanan tiba, saya terus memantau pergerakan ketersediaan tiket dan harga selama kurang lebih seminggu. Ternyata harga tiket untuk Lebaran tahun ini tidak semahal tahun lalu. Alhamdulillah, jadi lebih hemat :-). Dan saya mulai memantau ketat 4 hari sebelum kami benar-benar membeli tiket, yaitu saat arus balik dimulai.

Berikut adalah hasil pengamatan saya melalui http://tiket.kereta-api.co.id/ sampai tanggal 14 Mei 2013. Kira-kira jam 1 sampai jam 2 dini hari, tiket habis. Semuanya habis. Tetapi sekitar jam 3 sampai menjelang subuh, biasanya tiket kembali tersedia. Sekitar jam 9 pagi, saya cek lagi dan tiket masih tersedia. Jam 11.30an, tiket habis semua. Sekitar jam 3 sampai jam 4 sore, biasanya tiket kembali tersedia. Tetapi hal yang disebutkan saya tidak berlaku untuk keberangkatan ke Jakarta tanggal 11 Agustus 2013 yang jatuh pada hari Minggu. Setiap saya cek, selalu habis dari mulai awal tiket tanggal tersebut tersedia. Sepertinya banyak yang mau langsung kerja di hari Senin.

15 Mei 2013 menjelang. Saatnya kami berburu. Sekitar jam 2 dini hari, kami terbangun dan langsung cek ketersediaan tiket. Ternyata habis semua. Tenang tenang… sambil mengingat tren yang terjadi di hari sebelumnya. Sekitar jam 3, kembali tiket tersedia. Kami langsung memesan via online booking. Kami dapat 2 kursi tetapi dengan tempat duduk berjauhan dan berbeda gerbong. Pindah tempat duduk pun kami coba tetapi tidak tersedia 2 kursi berdekatan. Tenang tenang… nanti bisa dicoba lagi. Menjelang jam 3.20, kursi tersedia menjadi lebih banyak. Kami harus bergerak cepat. Nama penumpang, nomer identitas, alamat, alamat email dan nomer telpon sudah terketik di ms.word siap untuk dikopi ke isian data di online booking. Dan akhirnya, kami dapat 2 kursi bersebelahan. Kami punya waktu 3 jam untuk membayar. Setelah membayar, kami mendapatkan imel bukti pembayaran kereta api . Tugas berikutnya adalah menukarkan bukti pembayaran dengan tiket sesungguhnya. “Yeay… one job accomplished…!!”

Bukti Pembayaran

Jakarta, 17 Mei 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s