Home » Jalan » Berpetualang sambil Berlebaran Part 1

Berpetualang sambil Berlebaran Part 1

7 Agustus 2013 (sehari sebelum hari raya Idul Fitri).

Setelah sahur dan sholat Subuh, kami (Ayah, Faiz dan saya) bersiap untuk memulai perjalanan mudik ke kampung Ayah. Perjalanan diawali dengan diantarnya kami ke terminal Pasar Minggu. Dan perjalanan dilanjutkan dengan Damri. Jalanan masih sepi & lengang ditambah suasana mendung di pagi hari, jadi teringat perjalanan dari YCAT (Yokohama City Air Terminal) ke Narita.

Jam 7pagi, kami sudah tiba di terminal 1 Bandara Soetta padahal penerbangan masih jam 9.10. Aktivitas di  Bandara kami mulai dengan sarapan Faiz, check-in, boarding dan liat-liat pesawat…!! Faiz sangat antusias, this would be his first flight. Setelah menunggu agak lama dan Faiz sempat bosan, akhirnya kami masuk pesawat juga.

Faiz mulai nervous, gak mau duduk sendiri dan mulai merasa takut. Kesalahan kami saat itu adalah kami tidak bawa permen dan saat pramugara menawarkan permen, kami hanya mengambil masing-masing 1 butir. Untuk mengatasi rasa nervousnya, Faiz mengunyah permennya. Ya mengunyah bukan mengemut permen, sehingga permen cepat sekali habis dan menjadi rewel. Sesaat sebelum terbang, akhirnya saya paksa Ayah untuk meminta permen lagi ke pramugara dan segera diberikan ke Faiz. Begitu permen masuk mulutnya, Faiz pun langsung tertidur dan pesawat take off.

Faiz terbangun saat pesawat landing di bandara Adi Sumarmo. Perjalanan dilanjutkan dengan Damri sampai ke terminal Tirtonadi, dari terminal Tirtonadi lanjut dengan bus kea rah Wonogiri. Dan kami pun dijemput mbah Jo & bulek di Songgorunggi, Nguter, Sukoharjo.

8 Agustus 2013 (hari Raya Idul Fitri)

Kami sholat di lapangan dekat rumah mbah Jo, selesai sholat kami saling bersilaturahim ke saudara dan tetangga.

9 Agustus 2013

Masih dalam rangkaian acara silaturahim, tapi sasarannya adalah saudara Ayah yang di Solo. Maksud hati mau mencicipi bebek Slamet yang di Solo, apa daya warungnya tutup karena lebaran. Maksud hati mau masuk museum Danar Hadi apa daya museumnya seperti belum buka (sepertinya buka setelah Jumatan). Tapi kami masih sempat jalan-jalan ke kampung Batik Kauman dan mencicipi bakso Kadipolo di Jl. Veteran. Saya merasa cocok dengan rasa bakso tersebut.

10 Agustus 2013

It’s travelling day…!! Target awal adalah Tawangmangu dan Telaga Sarangan. Tetapi setelah dikira-kira, sepertinya waktunya gak cukup jikalau kami mau dua-duanya. Akhirnya diputuskan ke Telaga Sarangan. Dari rumah mbah Jo, kami naik bus menuju terminal Tirtonadi. Tak lupa bulek Faiz pun turut serta. Untuk urusan jalan-jalan, buleknya Faiz gak mau ketinggalan. Bahkan sampai ke Jogja pun bulek ngintil ;-p. Untuk bus dari Tirtonadi ke rumah mbah Jo dan sebaliknya, tidak ada tarif yang pasti. Terkadang kami bayar 5ribu, terkadang 8ribu, pernah juga sampai 10rb. Katanya kalau musim lebaran para kenek dan kondektur suka memanfaatkan momen.

Dari terminal Tirtonadi, kami melanjutkan perjalanan dengan bus tanggung dengan tujuan Tawangmangu, dan kami membayar 12 ribu per orang.

di dalam bus Tirtonadi-Tawangmangu

di dalam bus Tirtonadi-Tawangmangu

Dari terminal Tawangmangu kami carter Elf untuk menuju Telaga Sarangan dengan tarif 250 ribu dan di sana kami ditunggu Elf selama 2 jam.

Udara di sana sangat sejuk dengan diselimuti kabut. Tetapi namanya liburan hari raya, tempat wisata dipenuhi lautan manusia. Di sana kami naik speed boat dan naik kuda (Faiz dan Bulek).

naik speed boat

naik speed boat

naik kuda

 

di dalam Elf

di dalam Elf

Selesai sudah menikmati Telaga Sarangan. Saatnya kembali ke rumah mbah Jo. Elf mengantar kami sampai terminal Tawangmangu. Dan dari Tawangmangu kami naik bus ke Tirtonadi, pulangnya kami ditarik ongkos 15 ribu.

Bersambung…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s