Home » Jalan » Jalan-jalan ke Al Ain dari Abu Dhabi

Jalan-jalan ke Al Ain dari Abu Dhabi

Bagi kami yang tinggal di Abu Dhabi tetapi tidak memiliki kendaraan pribadi, maka ada dua cara yang paling masuk akal untuk menuju Al Ain. Cara pertama adalah dengan menggunakan bus antar kota (Abu Dhabi – Al Ain) dari Abu Dhabi Central Bus Station yang dekat dengan Al Wahda Mall. Cara kedua adalah menyewa kendaraan beserta supirnya.

Kami memilih cara kedua karena kami berangkat dengan rombongan 8 orang dewasa dan 1 anak balita. Itinerary sudah disiapkan, tetapi karena kami berangkat di hari Jumat maka ada penyesuaian itinerary. Beberapa tempat, seperti museum, mulai buka jam 3 sore di hari Jumat.

Berikut adalah itinerary aktual di lapangan.

  1. Al Ain Oasis
  2. Green Mubazzarah
  3. Sholat Jumat di Mesjid Green Mubazzarah
  4. Makan siang
  5. Hili Archeological Garden
  6. Al Ain Palace Museum
  7. Jebel Hafeet

Al Ain Oasis

Masuk ke Oasis, berjalan dengan lindungan pohon kurma di kanan kirinya.

Al Ain Oasis_R

Green Mubazzarah

Terletak di kaki Jebel Hafeet, Green Mubazzarah adalah tempat yang nyaman untuk menikmati alam. Tempat ini juga cocok untuk camping keluarga. Walaupun tempat ini “terpencil” tetapi ada Mesjid yang juga menyelenggarakan sholat Jumat.

Green Mubazzarah_R

Hili Archeological Garden

Sekilas tempat ini seperti Kebun Raya Bogor, hanya saja jauh lebih luas Kebun Raya Bogor. Terdapat beberapa peninggalan sejarah yang diletakkan di taman. Tempat ini sepi pengunjung. Saya melihat seorang Bapak duduk di bangku taman sambil membaca buku. Indahnya dunia.

Hili Archeological Garden_R

Al Ain Palace Museum

Dari namanya pasti sudah ketebak, tempat apakah ini. Al Ain Palace museum, dulu merupakan istana Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Bangunannya begitu bersahaja. Berkunjung ke sini mengingatkan saya akan Taman Sari Yogyakarta.

Al Ain Palace Museum_R

Jebel Hafeet

Merupakan gunung batu dan bukan gunung tertinggi di UAE. Untuk menuju puncaknya disediakan jalan lebar dan mulus. Sepanjang mata memandang, bongkahan-bongkahan batu dan jurang yang terlihat. Sampai di puncak, kita bisa melihat kerlap-kerlip lampu kota.

Jebel Hafeet_R

Urutan itinerary di atas tidak efisien secara lokasi dan waktu. tetapi karena Al Ain adalah kota kecil, jadi untuk untuk sekedar putar-putar dan bolak-balik tidak terlalu memakan banyak waktu. Dan untunglah supirnya berbaik hati mengikuti keinginan kami untuk menikmati sunset di Jebel Hafeet, walaupun sebenarnya kami agak terlambat sampai di puncak Jebel Hafeet.

Dan saya masih ingin berkunjung lagi ke Al Ain, dan saya masih ingin berkunjung ke Green Mubazzarah dan Jebel Hafeet lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s