Home » buku » Toko Buku di Abu Dhabi

Toko Buku di Abu Dhabi

Awal-awal saya datang ke Abu Dhabi, saya merasa keberadaan toko buku tidak sementereng toko buku di Jakarta, termasuk di dalam Mall. Lama-lama saya merasa lumayan juga toko buku di Abu Dhabi ini, walaupun tidak terlalu besar.

Berikut adalah toko buku yang pernah saya kunjungi selama di Abu Dhabi :

  1. Bookstore Mushriff Mall. Koleksi buku bacaan anak-anak dan dewasa tidak terlalu banyak, hanya satu deret rak sepanjang sekitar 3m untuk bacaan anak-anak, satu deret rak sepanjang sekitar 3m untuk bacaan novel remaja/dewasa, dan satu deret rak sepanjang sekitar 3m untuk bacaan umum. Alat tulis, tas sekolah, dan mainan menempati lebih dari setengah area toko buku yang luasnya sekitar 6m x 5m.
  2. Book Corner Marina Mall. Koleksinya jauh lebih lengkap dibandingkan dengan Bookstore Mushriff Mall. Tapi jangan dibandingkan dengan Gramedia, Gunung Agung, dan TM Bookstore yang ada di Jakarta. Buku-buku di Book Corner ini tersusun rapi, tetapi sayang tidak disediakan computer untuk mengecek status buku dan lokasinya bagi para pengunjung. Cara paling gampang adalah langsung bertanya kepada petugas yang siap membantu, dengan catatan kita sudah tahu buku apa yang kita cari. Untuk saya yang suka lihat-lihat, lebih baik langsung menghampiri rak demi rak, terutama rak-rak buku anak-anak. Ada beberapa buku Eric Carle yang menjadi incaran saya jikalau ke Book Corner. Novel dan buku cerita bergambar baru sempat saya lirik saja. Koleksi buku travel untuk Negara-negara GCC cukup lengkap juga di sini.
  3. Al Haramain Book Shop. Sebenarnya lebih tepat disebut toko alat tulis. Toko ini berlokasi di antara deretan ruko-ruko sepanjang Muroor street antara 23 street dan 25 street. Saya hanya melihat Al Quran, Kamus, dan buku-buku mewarnai di toko ini. Selebihnya adalah alat-alat tulis dan teman-temannya.
  4. WH Smith Wahda Mall. Koleksinya lumayan menarik, terutama untuk buku bacaan anak-anak Walaupun koleksi buku anak-anak tidak sebanyak di Book Corner, tetapi ada beberapa buku anak-anak yang ada di WH Smith Wahda Mall tetapi tidak ada di Book Corner Marina Mall. Untuk novel remaja/dewasa, sepertinya standar saja alias tidak jauh beda dengan yang di Book Corner Marina Mall.
  5. Bookshop, di Airport Road dekat dengan Wahda mall. Toko buku ini berada di ruko dan menempati 3 lantai. Satu lantai untuk mainan anak-anak, satu lantai untuk stationary dan pernak pernik, dan satu lantai untuk buku-buku & alat peraga pendidikan. Dan sebenarnya koleksi buku bacaannya tidak terlalu banyak.
  6. Lulu Mushriff Mall. Buku menempati satu rak putar seperti yang biasa dipakai untuk meletakkan kartu pos dan rak panjang 1 meter dengan tinggi sekitar 1.5m dan rak dengan lebar sekiat 1.5m dan tinggi juga 1.5m yang kebanyakan adalah buku mewarnai dan aktivitas anak. Jikalau sedang beruntung, akan mendapatkan buku yang cocok. The Three Billy Goat Gruff saya ambil dari rak tersebut yang kemudian menjadi salah satu bacaan favorit Tole.
  7. Lulu Wahda Mall. Koleksi buku di Lulu Wahda Mall lebih banyak jika dibandingkan Lulu Mushriff Mall. Secara penataan, berantakan menurut saya. Di sini ada buku ”Bermain Bersama Tini” (Marcel Marlier & Gilbert Delahaye) versi bahasa Inggris yang dicetak di India, di mana Tini menjadi Marthine.
  8. Carrefour Airport Road. Buku menempati satu sisi lorong yang berhadapan dengan majalah. Walaupun dengan koleksi buku yang tidak banyak, tetapi lumayan untuk buku cerita agama Islam anak-anak.
  9. Carrefour Marina Mall. Penataannya mirip dengan Carrefour Airport Road.
  10. Borders Abu Dhabi Mall. Saya rasa ini toko buku terbesar dan terlengkap di Abu Dhabi yang pernah saya kunjungi. Ada koleksi buku-buku yang dibundel edisi koleksi. Kolekasi buku-buku anak-anak, buku remaja, dewasa, dan umum lebih beragam. Betah rasanya berlama-lama di sini.

Borders akan segera buka di Wahda mall, yeay….!!

Tetapi toko buku yang saya sebutkan di atas masih belum bisa dibandingkan dengan toko buku Book World Kinokuniya di Dubai mall.

Update tanggal 1 Juli 2015 (akhirnya…)

11. Borders Wahda Mall sudah dibuka beberapa bulan yang lalu. Koleksinya tidak sebanyak Borders Abu Dhabi Mall.

12. Magrudy’s Wahda Mall lokasinya kurang strategis. Walau demikian koleksi bukunya lumayan dan ada juga ruang khusus anak-anak yang didekorasi dengan meriah khas anak-anak. Koleksi buku di Magrudy’s ini lebih beragam dibandingkan dengan koleksi di Borders Wahda Mall.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s