Home » coretan » Hikmah Kompor Listrik

Hikmah Kompor Listrik

Kami memutuskan menggunakan kompor listrik dengan alasan kepraktisan. Kepraktisan di sini bukan dari segi waktu dan cara mengoperasikan kompor. Tetapi lebih karena untuk mengurangi hal yang harus diurus Ayah saat-saat awal kedatangannya di Abu Dhabi. Penggunaan gas di Abu Dhabi harus dengan pemasangan instalasi dan berlangganan. Berbeda dengan di Jakarta, beli gas tabung lalu langsung pasang ke kompor dan kompor siap digunakan.

Saya sudah tahu bagaimana rasanya bergulat dengan kompor listrik. Saya pernah menggunakannya selama sekitar 2 tahun waktu di Yokohama. Waktu itu saya masih bujang dan masak bukanlah sesuatu hal yang harus dikerjakan setiap hari.

Saat di Abu Dhabi, masak adalah wajib dikerjakan setiap hari terutama untuk makanan Tole. Awalnya saya merasa memasak adalah pekerjaan yang sangat menyita waktu. Butuh waktu lebih lama agar kompor panas dan saya merasa kesulitan mengatur panas kompor.

Sekarang saya merasa bersyukur menggunakan kompor listrik. Pertama : permukaan elemen panas kompor rata, maka saya merasa lebih aman kalau Tole ikut membantu memasak di dapur. Kedua : karena untuk menjadi panas cukup lama, maka pekerjaan memasak adalah pekerjaan yang bisa disambi. Sambil memasak sambil nyetrika baju. Sambil memasak bisa sambil menjemur. Sambil memasak bisa sambil memandikan Tole.

Saya lebih memilih pekerjaan “kering” untuk disambi dengan memasak. Andai saya menggunakan kompor gas, saya harus fokus pada pekerjaan memasak saja baru bisa beralih ke pekerjaan lain.

Kompor listrik mengajarkan saya untuk lebih bersabar dan mencari solusi di setiap problemanya.

Leave a Reply

