Home » Jalan » Liburan Idul Adha Oktober 2015 Bagian 1

Liburan Idul Adha Oktober 2015 Bagian 1

Ternyata pergi ke Sharjah saat liburan Idul Adha adalah kurang tepat.

23 Oktober 2015

Sekitar jam 10 pagi kami bergerak menuju Abu Dhabi Main Terminal. Loket tujuan Sharjah tidak seramai loket tujuan Dubai. Kami membeli tiket untuk 3 kursi, supaya Tole bisa duduk sendiri. Setelah tiket di tangan, kami menuju peron terminal dan antrian tujuan Sharjah pun sudah mengular. Beruntung kami karena rombongan perempuan dan keluarga mengantri di barisan berbeda dengan para pengantri laki-laki. Antrian kami tidak sepanjang antrian sebelah.

Kami sudah pasrah walaupun akan dapat bis jam berapapun. Setelah kami tidak terbawa di bis pertama yang datang saat kami antri dan sekitar 10 menit kemudian ada bis lagi yang datang dan kami pun terangkut. Perjalanan dari Terminal Abu Dhabi sampai di terminal Sharjah (Al Jubail Bus Station) dengan biaya 25 dhs per orang.

Panas terik 40oC menyambut kami di terminal Sharjah. Buru-buru kami mencari pangkalan taksi supaya bisa cepat berteduh di hotel.

Lokasi hotel tempat kami menginap sebenarnya mudah dicari, cukup menyusuri corniche Buhaira atau Majaz 3. Tetapi yang terjadi adalah supir taksi mengajak kami putar-putar di sekitar Buhaira Police Station. Segera Ayah mengeluarkan google map dan memaksa supir taksi untuk mengikuti instruksi Ayah.

Lokasi hotel tempat kami menginap tepat di tepi laguna. Karena kami mengambil kamar standar, lupakan pemandangan laguna akan terlihat dari kamar.

Setelah masuk waktu shalat Ashar, kami segera bersiap memulai menjelajah Sharjah. Tujuan utama tentu saja Sharjah Aquarium yang berdekatan dengan Sharjah Maritime Museum. Sampai di sana, ternyata kedua tempat itu tutup. Kami membaca mengumuman bahwa selama hari Arafah dan Idul Adha hari pertama libur. Yaaaaa….. kami kecele…

Untungnya di kawasan tersebut ada playground di beberapa titik dan air mancur. Jadi Tole masih bisa main-main.

01. Sekitar Sharjah Aquarium

Seorang kawan Ayah memberitahukan bahwa di sekitar situ ada pantai Khan yang sebelumnya tidak masuk radar kami untuk dikunjungi.

Adzan Maghrib sudah berkumandang, segera kami menuju mesjid terdekat. Setelah Ayah menunaikan shalat maghrib, kami berjalan menuju pantai Khan sekedar survey lokasi kalau-kalau kami kembali ke Sharjah lagi. Ternyata semakin malam pantai semakin ramai. Tetapi kami tidak punya nyali untuk bermain-main air dan pasir di hari gelap.

Selanjutnya kami menuju ke Al Qasba. Di sana ada the Eye of the Emirates Wheel dengan tinggi 60 meter. Ada kanal air mengalir yang di kanan kirinya berjejer restoran-restoran. Lebih lengkap tentang Al Qasba ada di http://www.alqasba.ae/

02. Al Qasba

Tiket the Eye of the Emirates Wheel, dewasa 30 dhs dan anak-anak 15 dhs. Kita bisa menikmati 5 kali putaran roda di dalam kabin berpendingin ruangan. Tadinya saya kira akan 7 kali putaran sama seperti tawaf.

Kami makan malam di resto Jepang dengan menu nasi. Harus nasi karena kami sudah kelaparan dan makannya harus yang nampol.

Setelah kenyang, kami bergerak menuju Majaz Waterfront tempat janjian Ayah dengan temannya. Sambil berjalan, saya coba celingak-celinguk mencari hop on hop off bus yang katanya bisa naik dari Al Qasba. Pencarian nihil malam itu, kami terus berjalan sampai di suatu titik Ayah mengajak kami naik taksi ke Majaz Waterfront karena setelah dicek di mbah google map, lokasinya masih jauh.

Bermalam takbiran di Majaz Waterfront

Kami janjian di Tim Hortons yang ternyata memang lokasinya sangat dekat dengan air mancur menari.

Air mancur manari selesai dan Tole pun bosan. Kami bergerak ke arah playground. Dengan membayar 20 dhs, Tole bisa masuk ke area playground. Lebih lengkap tentang Majaz Waterfront ada di http://almajaz.ae/

03. Majaz Waterfront

Hari semakin larut, kami kembali ke peraduannya masing-masing. Besok kami harus bangun pagi-pagi untuk shalat Idul Adha.