Home » Jalan » Liburan Idul Adha Oktober 2015 Bagian 2

Liburan Idul Adha Oktober 2015 Bagian 2

24 Oktober 2015

Jam 5.30 pagi, kami sudah siap berangkat menuju KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) yang berlokasi di Dubai. Kami naik taksi dari depan hotel sampai ke KJRI, Dubai dengan biaya 65 dhs (termasuk biaya 20 dhs karena melintasi batas Emirate)

Jam 6 kami sudah tiba di lapangan KJRI, shalat baru mulai jam 6.30. Tole sukses tidur selama berlangsungnya shalat Id.

01. KJRI Dubai

Setelah shalat Id selesai, kami diundang untuk makan bersama di area KJRI. Dan setelah selesai, kami langsung meninggalkan KJRI dengan tujuan Al Fahidi Historical Neighbourhood atau disebut Bastakiya yang merupakan kota tuanya Dubai.

02. Al Fahidi Neighbourhood

Dari Al Fahidi Historical Neighbourhood, kami berjalan ke Dubai Museum. Tiket masuk Dubai Museum 3 dhs untuk dewasa dan 1 dhs untuk anak-anak. Dan saat itu kami dapat kembalian 1 kotak yang isinya coklat 5 biji dan uang 5 dhs.

Masuk ke Dubai Museum seperti masuk ke Dubai masa silam, Dubai yang sangat berbeda dengan Dubai masa kini. Kita bisa melihat diorama-diorama kehidupan Dubai di masa lampau yang roda perekonomiannya bergerak di sekitar Dubai Creek sampai mulai ditemukannya minyak sekitar tahun 1970.

03. Dubai Museum

Dari Dubai Museum kami naik taksi ke Bur Dubai Station yang menurut supir taksi lokasinya tidak jauh. Dan saat itu kami tidak mau ambil resiko kelamaan jalan kaki dan kepanasan di bawah terik 40oC. Minimum tarif taksi di Dubai adalah 12 dhs.

Dari Bur Dubai Station kami naik abra dengan ongkos 1 dhs per orang, menyebrang Creek dan sampai di Deira Old Souq Station. Dari situ kami langsung naik taksi kembali ke hotel kami di Sharjah.

04. Menyebrang dengan Abra

Leyeh-leyeh dulu di hotel dan Tole tetap aktif.

Jam 2 siang, kami keluar hotel. Ayah mengusulkan ke Blue Souq atau Central Souq tapi saya maunya ke Sharjah Heritage Area karena kalau ke Blue Souq dulu dikhawatirkan akan jalan-jalan dengan membawa barang belanjaan. Akhirnya semua mengikuti keinginan saya.

Sangat kebetulan sekali kami mendapatkan supir taksi yang tidak dapat diajak omong baik-baik. Dan akhirnya kami turun di tempat yang kira-kira menjadi tujuan kami. Tole tertidur dari masih di dalam taksi. Ayah kebagian tugas menggendong Tole.

05. Teriknya Heart of Sharjah

Kami berjalan kaki di bawah terik 40oC sambil mencari pintu masuk. Setiap orang yang ditanya, selalu memberikan jawaban yang berbeda. Setelah berjalan sekitar 1 km, kami menyerah dan pergi dari kawasan tersebut. Kami menuju Blue Souq dengan taksi dan leyeh-leyeh di taman antara Blue Souq dan laguna. Minimum tarif taksi di Sharjah adalah 10 dhs.

Belum lama kami leyeh-leyeh, terlihat bis city sightseeing hop on hop off berhenti di halte dekat taman. Mata kami berbinar-binar, terutama saya karena saya sudah mimpi-mimpi mau naik bis ini.

06. Central Souq

Kami langsung membeli tiket seharga 85 dhs per orang dan anak-anak gratis. Tiket berlaku selama 24 jam. Ada 2 jalur bis hop on hop off, red line dan green line. Red line mempunyai waktu dan jarak tempuh yang lebih lama dan jauh dibandingkan dengan green line.

Kami masuk ke bis red line dan tidak berniat untuk turun di titik pemberhentian mana pun. Menurut perkiraan, kami akan tiba kembali di Blue Souq saat waktu maghrib tiba dan akan langsung menuju mesjid King Faisal yang merupakan mesjid sumbangan dari Raja Saudi.

07. Mesjid King Faisal

Dari halte Blue Souq ke mesjid King Faisal melalui dalam Blue Souq, saya hanya tengok kanan dan kiri. Banyak toko yang tutup dan hilang keinginan saya untuk sekedar melihat-lihat barang di sana.

Dari mesjid King Faisal, kami kembali ke hotel dengan membawa bekal makan malam untuk di kamar. Dan cukup untuk hari ini. Kami gemporr…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s